Instagram Widget

banner image

Selamat Menimba Informasi

"Tunjukkan kegelapan dan aku bisa melihat cahaya. Tunjukkan semua keburukanmu dan aku masih bisa melihat kebaikan yang tersisa"

4 Alasan mengapa 2019 SBMPTN DIHAPUS

Isu atau kabar yang sudah tidak asing lagi bukan ? Bersiaplah wahai penerusbangsa tahun 2019 khusussnya yang saat ini sedang duduk dibangku kelas XII/12 SMA .



Hal ini disampaikan langsung oleh Kementrian riset dan perguruan tinggi ( Kemenristekdikti ) , Moh Nasir menyatakan hal yang mengejutkan Bahwa SBMPTN 2019 akan dihapuskan dan diganti oleh jenis test baru yaitu TC (Test Center) Ujarnya


Ketua Panitia SNMPTN /SBMPTN 2018, Ravik Karsidi mengatakan dengan model “Test Center” memungkinkan siswa untuk mengikuti tes PTN lebih dari satu kali. “Penyelenggaraannya bisa lebih dari dua kali, mulai semester 5 ketika siswa sudah yakin maka boleh masuk test center ini,” papar dia.
“Pada prinsipnya, kata Ravik, keberadaan “Test Center” akan memberi kemudahan kepada masyarakat untuk melakukan tes seleksi,” katanya.

Beberapa alsan yang melatar belakangi dihapusnya SBMPTN antara lain :

1. SBMPTN Dinyatakan sangat rentan untuk kebocoran soal 

Pusat Layanan Tes ini merupakan salah satu terobosan yang akam menitikberatkan pada penggalian potensi akademik calon mahasiswa. “Selama ini kan model SBMPTN selalu ujian tulis, dan sangat tinggi risiko kebocoran soal, dan mata uji yang diujikan belum tentu pas,” kata Nasir, di Jakarta, akhir pekan lalu.

2. Memberikan kemudahan untuk sekolah yang fasilitasnya kurang mendukung
 Ke depan, kata Nasir, proses seleksi akan lebih melihat potensi akademik dan kemampuan seseorang. “Kadang saat anak di sekolah SMA, dia anaknya kurang rajin karena terbatas oleh fasilitas sekolahnya, ada anak SMA fasilitasnya lengkap tersedia semuanya. Ini kan hasil SBMPTN-nya pasti akan beda,” jelasnya
3. Dapat Mengukur kopetensi diri dengan akurat 
 “Melalui lembaga yang independen lebih adil bagi calon mahasiswa. Mereka tes beberapa kali, sementara dari sisi perguruan tinggi dapat mengukur kompetensi dengan lebih akurat,” ujar Totok Amin Soefijanto yang pemerhati pendidikan dari Universitas Paramadina.
4. Bagaimana dengan SNMPTN 2019 dan SMMPTN 2019? 
Jalur SNMPTN, yaitu seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik siswa yang bersumber dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Sedangkan SBMPTN, seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dengan metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Sementara, Seleksi Mandiri, yaitu seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN dan dapat memanfaatkan nilai hasil SBMPTN. “Jumlah komposisi daya tampung pada setiap program studi PTN untuk ketiga jalur tersebut masih sama dengan tahun lalu. Di mana distribusi untuk SNMPTN paling sedikit 30 persen, SBMPTN paling sedikit 30 persen, dan seleksi Mandiri paling banyak 30 persen,” pungkas Nasir. cit/E-3

dikutip dari jakarta post

 Keyword :
2019 SBMPTN Dihapus
SBMPTN dihapus
Benarkah SBMPTN dihapus
Mengapa SBMPTN Dihapus
Alasan SBMPTN Dihapus
SBMPTN 2019
SBMPTN 2019 SNMPTN 2019 SMMPTN 2019
Test Center ( TC )
TC 2019
 

4 Alasan mengapa 2019 SBMPTN DIHAPUS 4 Alasan mengapa 2019 SBMPTN DIHAPUS Reviewed by Deggy's Website on 07.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.